Tugas 9 - Pertemuan 13

MEMBUAT COVER DAN ANIMASI POWER POINT


Jadi disini aku mau membahasa tentang cara gimana membuat cover buatan sendiri dan membuat animasi-animasi simple yang dapat kamu terapkan di bangku sekolah maupun perkuliahan.

·         Membuat cover power point.


Caranya:
1.      Buat lingkaran seperti ini. Lingkaran diletakin ditengah, setengah luar, setengah dalam.




2.      Buat persegi panjang tepat diluar kertas, seperti ini



3.      Blok lingkaran dan persegi panjangnya, kemudian klik fragment di Merge Shapes(di taskbar ‘Format’). Buat kamu yang tidak ada “Merge Shapes” nya, bisa kamu liat caranya dibawah sekali. Tapi untuk fragment sendiri, itu sayangnya tidak ada. Ntahlah ya kalau aku ndak tau.




4.      Kemudian akan menjadi seperti ini.




5.      Hapus bagian luar, maka akan berbentuk seperti ini




6.      Buat lingkaran kecil, dan letak lingkaran setengah luar setengah dalam, seperti ini




7.      Di fragment dan hapus bagian luar, sehingga berbentuk seperti ini




8.      Copy paste dan bentuk setengah lingkaran tadi jadi kecil-kecil. Seperti ini,




9.      Setelah itu, buat semua lingkarannya ‘no outline’, dan bikin transparansi 75% (transparansi bisa dilihat di lingkaran yang saya lingkari”)




10.  Siap:), kamu bisa bikin covernya netap sampai akhir. Bisa dengan dikecilkan lagi atau lainnya.

·         Membuat animasi simulasi meriam




Caranya:
1.      Buat bentuk lingkaran dan persegi panjang untuk alat meriamnya




2.      Tempelkan/timpakan persegi panjang tadi ke setengah dari lingkaran. Blok kedua bangunan dan bikin menjadi Union di Merge Shapes (di taskbar ‘Format’). Maka akan berbentuk seperti ini,




3.      Ubah warna(terserah sih), buat lingkaran lagi untuk bola meriamnya, kemudian klik”Animations”, pilih Arcs, arahkan bola ke target.




4.      Jadi. Kalau kamu ingin bolanya terus berjalan, kamu tinggal klik yang aku lingkari itu, kemudian pilih “Until End of Slide” di bagian Repeat.

·         Membuat bulan mengitari matahari (icaknya)

  
Caranya:
1.      Bikin lingkaran besar warna kuning sebagai mataharinya(terserah warnanya sebenarnya), abistu bikin kotak persegi panjang dan beri warna krim, icaknya tanah gitu.


2.      Setelah itu, bikin lagi setengah lingkaran seperti ini, untuk menutupi si bulannya nanti(biar gak keliatan kalau dia mutar ke belakang).

3.      Kemudian buat lingkaran kecil untuk si bulan. Terus masukkan animasi lagi(animasi: Shapes), dan buat seperti ini. Sudah deh, jadi.

 
·         Kalau gak ada combine, gimana?
Nah, buat kamu yang gak ada combine di ppt nya, mungkin bisa kamu ikuti caranya dibawah ini. (Kemungkinan untuk power point 7 tidak ada).

Caranya:
1.      Klik ‘Option’ di taskbar “File”, kemudian pilih”Customize Ribbon”, pilih home, kemudian klik “New Group”, dan “Rename”kan menjadi “Combine”*biar mudah, terus di sebelah kiri, kamu di bikin “Popular Commands” menjadi “All Commands”, kemudian cari”Combine Shapes”, klik bagian itu, dan klik”Add”, maka akan muncul seperti ini.

                  
2.      Setelah itu, klik ok. Sudah. Jadi. (Tapi kekurangannya tidak ada fragment).

Komentar