Tugas 9 - Pertemuan 13

Mengenai Animasi


A.    Definisi Animasi
Animasi adalah urutan frame yang ketika diputar dalam rangka dengan kecepatan yang cukup, dapat menyajikan gambar bergerak lancar seperti sebuah film atau video. Animasi dapat juga diartikan dengan menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter anda, mulai dari tampak (depan, belakang, 3⁄4 dan samping) detail muka si karakter dalam berbagai ekspresi (normal, diam, marah, senyum, ketawa, kesal, dan lainnya.) lalu pose/gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu yang menjadi ciri khas si karakter tersebut.

B.     Jenis Animasi
1.      Animasi 2D
2.      Animasi 3D
3.      Animasi Motion Graphic
4.      Animasi Stop Motion

1.      Animasi 2D
Animasi 2D adalah penciptaan gambar bergerak dalam lingkungan dua dimensi. Hal ini dilakukan dengan urutan gambar berturut-turut, atau "frame", yang mensimulasikan gerak oleh setiap gambar menunjukkan berikutnya dalam perkembangan bertahap langkah-langkah. Dua tipe dari 2D animation :
a.       Animasi Cel
b.      Path animasi

a.       Animasi Cel
Animasi Cel berasal dari kata “celluloid”, yaitu bahan dasar dalam pembuatan animasi jenis ini ketika tahun-tahun awal adanya animasi. Animasi cel merupakan lembaran-lembaran yang membentuk animasi tunggal, masing-masing cel merupakan bagian yang terpisah sebagai objek animasi. misalnya ada tiga buah animasi cel, cel pertama berisi satu animasi karakter, cel kedua berisi animasi karakter lain, dan cel terakhir berisi latar animasi. Ketiga animasi cel ini akan disusun berjajar, sehingga ketika dijalankan animasinya secara bersamaan, terlihat seperti satu kesatuan. Contoh animasi jenis ini adalah film kartun seperti Tom and Jerry, Mickey Mouse dan Detectif Conan.

famous dog in Tom and Jerry
b.      Animasi Path
Animasi Path adalah animasi dari objek yang gerakannya mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan sebagai lintasan gerakan objek.

2.      Animasi 3D
Animasi 3D adalah objek animasi yang berada pada ruang 3D. Objek animasi ini dapat dirotasi dan berpindah seperti objek riil. Proses pembuatan grafis komputer 3D dapat dibagi secara sekuens menjadi 3 fase dasar:
·         Modeling : Proses menyusun bentuk sebuah objek dengan membuat kontur yang luas dan struktur dari objek 3D dan adegan.
·         Animation : Mendefinisikan perpindahan objek.
·         Rendering : Proses mengeneralisasi sebuah gambar dari sebuah model dengan memberikan atribut objek seperti warna, tekstur permukaan dan kadar transparansi dengan menggunakan program komputer.

Hasil gambar untuk animasi 3d wall-e

3.      Animasi Motion Graphic
Motion graphic merupakan metode untuk menjadikan animasi 3d menjadi hidup, bergerak. Motion graphic seringkali digunakan juga untuk menggerakkan kata (typographic) dan logo untuk tujuan pengiklanan. Kemampuan yang dibutuhkan di motion graphic berbeda dengan animasi-animasi sebelumnya, namun ada beberapa ilmu yang sama di motion graphic, seperti komposisi pergerakan dan camera graphic.

Hasil gambar untuk animasi motion graphic
sumber: http://rendomblog.blogspot.com/2017/01/mempercantik-video-dengan-animasi.html

4.      Animasi Stop Motion
Animasi Stop Motion adalah teknik animasi yang dibuat dengan menghubungkan urutan frame yang difoto secara individual. Objek dipindahkan secara bertahap di banyak bingkai, menciptakan ilusi bahwa mereka bergerak secara independen ketika bingkai dirangkai.

Hasil gambar untuk shaun the sheep


C.     Keuntungan Menggunakan Animasi
·         Menarik Perhatian.
·         Menampilkan aksi-aksi yang tidak terlihat atau proses fisik dengan bentuk yang berbeda.
·         Meningkatkan retensi.
·         Memungkinkan visualisasi dari konsep imajinasi, objek, dan hubungan-hubungannya.
·         Animasi dapat menggabungkan sejumlah besar data ilmiah ke dalam suatu paket, yang kemudian dapat disajikan dengan lebih simpel.
·         Animasi dapat membuat kembali kejadian, yang di dunia nyata terlalu mahal atau terlalu berbahaya untuk bereproduksi, misalnya. Kecelakaan pesawat, kejadian yang sudah terjadi dan tidak lagi ada.
·         Menggunakan animasi dengan flash untuk membuat situs web menjadikan situs tersebut lebih interaktif dan dinamis. Pengunjung ke situs web secara alami akan tertarik pada desain animasi dan sarana yang memungkinkan mereka untuk berpartisipasi dalam proses melihat keseluruhan.
·         Dengan berkembangnya tools dalam pembuatan animasi flash, sekarang ini memastikan bahwa perancang dapat membuat desain web yang rumit dan sangat baik, yang akan sulit terjadi dalam pengaturan HTML yang statis.
·         Ukuran file animasi flash yang semakin kecil, yang memungkinkan loading situs lebih cepat dari sebelumnya.

D.    Kelemahan Menggunakan Animasi
·         Memerlukan tempat penyimpanan dan memori yang besar.
·         Memerlukan peralatan khusus untuk presentasi kualitas.
·         Animasi 2D tidak mampu menggambarkan aktualisasi seperti video ataupun fotografi.
·         Sulitnya pencarian dilakukan, karena Flash dan animasi teks sering tidak dalam format yang dapat dengan mudah dibaca oleh search engine.
·         Diperlukannya plug-in khusus yang harus diinstal browser.
·         Terlalu banyak animasi dan grafik juga akan membuat loading halaman web lambat.
·         Situs dengan animasi flash intro yang lengkap dengan audio, kadang membuat kesal pengunjung situs yang tidak ingin dipaksa mendengar audio. Ditambah dengan adanya file audio, beban loading komputer semakin besar, yang menyebabkan loading situs semakin lambat dan tidak efisien.

Komentar