Tugas 9 - Pertemuan 13

Mengenal Sistem Operasi Linux, sekaligus kelebihan dan kekurangan os

Linux adalah sistem operasi yang bebas dan merupkana keluarga sistem operasi bebas dan sumber terbuka atau open source yang didirikan oleh kernel Linux. Linux merupkan sistem operasi yang lisensinya bersifat open source alias gratis, Lisensi Publik Umum GNUkode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja. Jadi, Linux  adalah sistem operasi yang open source alias dapat dimodifikasikan oleh para pengguna, dan bisa didistribusikan ke pengguna lainnya. Pengguna dari sistem operasi ini biasa digunakan oleh pengguna yang ahli komputer.

Linux merupakan sistem operasi yang cukup banyak digunakan di desktop dan konsol (seperti PlayStation dan Xbox). Linux dapat dikendalikan menggunakan antarmuka berbasis teks(command line interface) dan antarmuka grafis (GUI). Linux merupakan system operasi gratis (open source). Dalam Linux, dikenal istilah distribusi Linux (atau sering disebut distro Linux).

Contoh dari distro Linux meliputi Debian GNU/LinuxUbuntuLinux MintRed Hat Enterprise LinuxFedora, dan Arch Linux.

Contoh-contoh distribusi Linux yang terkenal:

·         Ubuntu dan derivatifnya: KubuntuXubuntuLubuntu

·         Debian

·         Fedora

·         CentOS

·         Kali Linux

·         Slackware

·         openSUSE

·         Red Hat Linux

·         ClearOS

·         Gentoo Linux

·         Arch Linux

·         Linux Mint

·         elementary OS

·         Manjaro

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Walaupun sistem operasi Linux berlisensi bebas dan sumber terbuka alias open source juga tidak memiliki biaya untuk pembelian os. Namun, masih ada terdapatnya kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki sistem operasi Linux, apa saja itu. Mari kita bahas..

·         Kelebihan Sistem Operasi Linux

1.      Gratis

Kelebihan Linux adalah lisensinya yang gratis. Windows sendiri, sistem operasi yang berbayar, bahkan sampai berkisaran Rp 3 hingga Rp 5 juta untuk satu lisensinya.

2.      Kinerja yang Ringan dan Spesifikasi Minimal

Dari segi kinerja dan spesifikasi, kelebihan Linux terbukti ringan dalam kinerjanya yakni hanya dengan 10GB dan 512MB

3.      Tidak Ribet Menginstall Driver

Saat menginstal sistem ini, Anda tidak perlu menginstal driver yang biasa dilakukan saat menginstal Windows. Karena distro Linux kebanyakan sudah kompatibel dengan segala jenis prosesor yang tertanam di komputer atau laptop.

4.      Banyak Varian Distro Linux

Kelebihan Linux lainnya adalah memiliki banyak varian distro. Karena sistem ini gratis, banyak sekali developer yang membuat varian Linux seperti Ubuntu, Debian, Linux Mint hingga Kali Linux.

 

·         Kekurangan Sistem Operasi Linux

 

1.      Susah untuk para pengguna gaming.

Sistem operasi Linux tidak dirancang untuk game. Sistem operasi Windows adalah yang cocok untuk Anda seorang gamer. Sistem operasi Linux hanya memiliki game-game ringan saja, tapi tidak untuk aplikasi game yang lebih kompleks.

2.      Susah untuk Menginstal Aplikasi Microsoft

Saat menggunakan sistem operasi Linux, akan sedikit rumit ketika ingin menginstal aplikasi Microsoft.

3.      Cukup Sulit bagi Pemula

Karena UI yang masih belum terlalu familiar dengan pengguna pemula.



Komentar