Tugas 9 - Pertemuan 13

Materi Perkuliahan Perangkat Teknik tanggal 18 September 2019 “Software Komputer”

Sebelum mulai, saya ingin menyampaikan bahwasanya saya tidak kuliah tanggal segitu, tapi itu merupakan materi “kami” sebetulnya yang dipelajari hari itu. Aku dapat materi ini dari dosenku sendiri, di Google Classroom, dah pada tau ya Google Classroom itu apa. Nahhh, kenapa aku gak datang? ? ? ? itu karenaa, asap. Taulah ya. Aku di Pekanbaru, ngirup asap sampe indeksnya tu 700 an lebih lah. Seharusnya indeks yang sehat itu sekitaran 20 an lah. Jauh ya bedanya. Heh, dah. Karna itulah aku gak masuk. Jadii, tugasnya ya dikirim lewat online. Btw, sekarang aku ngerjainnya gak pake lampu. Karna mati lampu. Sebenarnya, aku panjang-panjang gini supaya artikel aku nyampe batas. Aku juga gak tau mau bilang apa panjang – panjang. Karena biasanya yang aku tulis ini dari catatan aku, dengerin pak dosen. Hm pintar. Yah gitulah, mulai aja ya.

Software
Ø Apa itu software?
Software / Perangkat Lunak merupakan suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah. Software berupa program aplikasi dan sistem operasi yang terdapat di dalam PC.

·        Sistem Operasi (OS)
Sistem Operasi adalah tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting. OS memiliki tugas untuk mengontrol hardware dan berkoordinasi dengan berbagai program aplikasi dan berbagai user.

Contoh sistem operasi:
o   Window 7,8,10
o   Ubuntu, Debian, Mint,dll (Linux)
o   Mac OS (Macintosh)
o   Android, iOS, Windows Phone, Symbian, Java, dll (OS Mobile)
o   Dll

·        Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan sebuah program yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah masalah.
Contoh progam aplikasi:
  • Program pengolah kata, contohnya Microsoft Word, Word Pad, WordStar, dan Adobe PageMaker.
  • Program pengolah angka, contohnya Microsoft Excel, lotus 123, dan Quattro Pro.
  • Program database, contohnya Microsoft Access, Paradox, Visual dBase, dan dBase 111+.
  • Program presentasi, contohnya Microsoft PowerPoint dan Macromedia Flash.
  • Program Jaringan Internet, contohnya Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer.
  • Program grafis, contohnya CorelDRAW, Adobe Photoshop, dan Macromedia FreeHand.
  • Program teknis, contohnya Visio, AutoCAD, dan Visio Architecture.
  • Program akuntansi, contohnya MYOB, DEA, General ledger, dan Sybiz.
  • Program olah data statistik, contohnya SPSS.
  • Dan lain-lain.
Ø Lisensi Software 

·        Sistem Operasi (OS) ada yang berbayar&ada yang gratis (opensource)
·        Aplikasi ada yang berbayar&ada yang gratis (opensource)

Contoh Lisensi Software

  • Lisensi Commercial
  • Lisensi Trial Software
  • Lisensi Non Commercial Use
  • Lisensi Shareware
  • Lisensi Freeware
  • Lisensi Royalty-Free Binaries
  • Lisensi Open Source
  


Komentar