Tugas 9 - Pertemuan 13

Materi Perkuliahan Perangkat Teknik tanggal 4 September 2019 “Pengantar Komputer Dan Peripheral”


Pertemuan ketiga dengan Pak Edi, diawali dengan persiapan infocus seperti biasa, kemudian langsung dimulai sebuah materi yang berjudul “Pengantar Komputer dan Peripheral” langsung saja materinya,

Apa itu komputer? “Apa itu komputer? Siapa yang tahu?” tanya bapak itu, temanku mengacungkan tangan, menjawab ”Sebuah mesin blablabla yang memudahkan pekerjaan manusia”. “Oke, ada yang lain?” tanya bapak lagi. “Yak, benar yang kamu bilang”. Kurang lebih begitulah. Kemudian, muncullah slide pengertian dari komputer. Yakni..
Komputer merupakan perangkat elektronik yang memudahkan mengolah data menjadi informasi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Lanjut,

·         Jenis komputer
1.    Komputer Desktop (PC)
a.    PC
b.    All in One PC
c.    PC Tablet

2.    Laptop
a.    Notebook
b.    Netbook
c.    Ultrabook
Bedanya notebook, netbook dan ultrabook itu, di ukurannya, di netbook itu sendiri berukuran 10 inch, 11 inch. Di ultrabook sendiri, bentuknya yang tipis dan juga tidak mempunyai cooler artinya cepat panas. Seperti Macbook Air

3.    Smartphone/Tablet

Masuk ke,

·         Komputer Desktop (PC)
Perangkat Dasarnya terdiri dari,
a.    CPU (Central Processing Unit)
b.    Monitor
c.    Keyboard
d.    Mouse
Mouse di laptop disebut touchpad, dan sekarang sudah ada touchscreen di monitornya yang mempunyai fungsi yang sama dengan mouse (di laptop).

Kemudian,
·         CPU (Central Processing Unit)
Komponen-komponen dari CPU itu sendiri adalah, sebagai berikut:
a.    Cashing
Pelindung atau rumah untuk komponen yang ada didalamnya
b.    Power Supply
Gunanya itu untuk memberikan arus listrik yang sebelumnya diubah dari AC menjadi DC.
c.    Motherboard/Mainboard
Isinya itu banyak, ada processor, VGA, dan lainnya.
“Kamu bisa buka motherboard di komputer, tapi kalau di laptop, rusak.”. "Maksudnyaa" *lihat penjelesannya dibawah
d.    Processor
Ada dua produk processor yang popular, yaitu Intel dan AMD, perbedaan dari mereka adalah AMD membuat boros baterai dan laptop cepat panas.
e.    RAM (Random Access Memory)
f.     VGA (Video Graphics Array)
g.    SSD (Solid State Drive)/ HDD (Hard Disk Drive)
SSD mempunyai kelebihan dibandingkan dengan HDD, kapasitasnya lebih besar dan pennggunaannya lebih cepat. Namun, kekurangannya adalah dibagian harganya. Harganya lebih mahal dibandingkan dengan HDD.
h.    Optical Disk Drive
Itu contohnya adalah CD-ROM, yang sudah mulai ditinggalkan di era sekarang, karna gampang rusak. Kebanyakan orang sekarang memakai flashdisk yang jauh lebih praktis.

Selesai sudah materi dari Pak Edi, kemudian dibuka sesi tanya jawab. Aku pun mulai bertanya, *“Apa bedanya CPU di komputer dengan di laptop pak?”. Jawabannya “Sama.”, terdiam. Tanya lagi. “Bukan pak, maksudnya kalau di laptop, buka CPU nya rusak. Kenapa tu pak?”. “Ooh, kalau di laptop, itu motherboardnya tipis” sambil menunjukkan alas mouse. Sangking tipisnya:). Itulah jawabannya kira-kira. Kemudian bapak menyarankan “Cobalah buka laptopnya. Liat-liat”. Semua terdiam dan tertawa kesakitan haha. Lanjut.. pertanyaan dari teman aku yang sebelumnya yang menjawab. Dia bertanya “Boleh gak pak, kita ganti VGAnya ke yang lebih bagus. Atau RAMnya pak?”. “Gak kuat. Gak bisa menampung” intinya begitulah kata bapak itu. Selesai. Kami pun dikasih tugas, apa menurut anda kegunaan komputer, spesifikasi komputer/smartphone, alasan membeli perangkat itu, dan apa saja yang  anda kerjakan di komputer. Jawaban dari aku ada di postingan selanjutnya yaah. Thank you thank you.

Komentar