Tugas 9 - Pertemuan 13

Interaksi Manusia dengan Komputer??maksudnya


A.    Sejarah IMK
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antar muka pengguna (userinterface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antar muka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI)mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru.
Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak  hanya sekedar perancangan antar muka secara fisik.

B.     Pengaplikasian IMK

·         Perkantoran
·         Otomotif
·         Penerbangan
·         Komunikasi
·         Dll

Contohnya pada kemudi mobil dan pesawat. Kedua kendaraan tersebut sama-sama memiliki fungsi yang sama, yakni sebagai kendaraan untuk melakukan transportasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Perbedaan kedua kendaraan tersebut dapat kita lihat di kemudi bagian depan. Pesawat memiliki kemudi yang lebih kompleks kebanding mobil.
sumber: yang mobil


C.    Mengapa IMK
Pada awalnya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan komputer. Saat ini teknologi komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (pervasive), sehingga interaksi dengan komputer harus intuitif dan jelas.
Keinginan manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan. Perubahan teknologi > sistem harus di desain sesuai kebutuhan dan kemampuan orang yang menggunakannya dan bersifat transparan. Desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek fisik saja, tapi juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia

D.    Tujuan IMK

1.      Menghasilkan sistem yang berguna dan aman.
2.      WYSIWYG (what you see is what you get)
3.      Mengurangi frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
4.      Memberikan feed-back yang diperlukan pengguna
5.      Membantu desainer dalam merancang sistem komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna)

E.     Kriteria User Friendly

·         Memiliki tampilan yang bagus
·         Mudah dioperasikan
·         Mudah dipelajari
·         Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software tersebut

Contohnya seperti kipas angin, dengan bentuknya yang sederhana dan sangat mudah untuk dioperasikan tanpa harus melihat buku petunjuk. Benda seperti inilah yang sangat ideal sekali untuk dipergunakan oleh masyarakat banyak. Selain itu, saklar lampu yang ditempatkan dekat pintu masuk. Dengan itu, pengguna dapat dengan mudah menghidup/matikan lampu. Hal itu sangat efisien kebanding saklar lampu yang jauh dari pintu.

buatan sendiri

F.     Disiplin Ilmu Dalam IMK

1.      Ilmu komputer (desain aplikasi &Teknik human interface)
2.      Psikologi (aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
3.      Sosiologi & antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
4.      Industri aldesign (produkinteraktif)
5.      Teknik sipil (infrastruktur fisik)
6.      Teknik Mesin (robotika)

G.    UI VS IMK

·         User Interface
·         Bagian dari aplikasi yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan
·         Human Computer Interface
·         Perancangan, implementasi, dan evaluasi dari user interface


Komentar