- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
A. Sejarah
IMK
Pada
tahun 1970 mulai dikenal istilah antar muka pengguna (userinterface), yang juga
dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik
perhatian bagi peneliti dan perancang sistem.
Perusahaan
komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antar muka pengguna sebagai faktor
penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer
interaction (HCI)mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi
yang baru.
Istilah
HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antar muka secara fisik.
B. Pengaplikasian
IMK
·
Perkantoran
·
Otomotif
·
Penerbangan
·
Komunikasi
·
Dll
Contohnya pada kemudi mobil dan
pesawat. Kedua kendaraan tersebut sama-sama memiliki fungsi yang sama, yakni
sebagai kendaraan untuk melakukan transportasi dari suatu tempat ke tempat lainnya.
Perbedaan kedua kendaraan tersebut dapat kita lihat di kemudi bagian depan. Pesawat
memiliki kemudi yang lebih kompleks kebanding mobil.
sumber: yang mobil
C. Mengapa
IMK
Pada
awalnya hanya pengguna tertentu yang bisa menggunakan komputer. Saat ini teknologi
komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia (pervasive), sehingga interaksi
dengan komputer harus intuitif dan jelas.
Keinginan
manusia untuk mendapatkan kemudahan dalam menggunakan komputer untuk membantu pekerjaan
manusia dalam menyelesaikan suatu persoalan. Perubahan teknologi > sistem harus
di desain sesuai kebutuhan dan kemampuan orang yang menggunakannya dan bersifat
transparan. Desain interface tidak hanya mempertimbangkan aspek fisik saja, tapi
juga harus memperhatikan kemampuan dan keterbatasan manusia
D. Tujuan
IMK
1. Menghasilkan
sistem yang berguna dan aman.
2. WYSIWYG
(what you see is what you get)
3. Mengurangi
frustasi, ketidakamanan, dan kebingungan pada pengguna
4. Memberikan
feed-back yang diperlukan pengguna
5. Membantu
desainer dalam merancang sistem komputer yang user-friendly (ramah dengan pengguna)
E. Kriteria
User Friendly
·
Memiliki tampilan yang bagus
·
Mudah dioperasikan
·
Mudah dipelajari
·
Pengguna selalu merasa senang
setiap kali menggunakan software tersebut
Contohnya seperti kipas angin, dengan
bentuknya yang sederhana dan sangat mudah untuk dioperasikan tanpa harus
melihat buku petunjuk. Benda seperti inilah yang sangat ideal sekali untuk dipergunakan
oleh masyarakat banyak. Selain itu, saklar lampu yang ditempatkan dekat pintu
masuk. Dengan itu, pengguna dapat dengan mudah menghidup/matikan lampu. Hal itu
sangat efisien kebanding saklar lampu yang jauh dari pintu.
buatan sendiri
F. Disiplin
Ilmu Dalam IMK
1. Ilmu
komputer (desain aplikasi &Teknik human interface)
2. Psikologi
(aplikasi dan teori proses kognitif dan menganalisis perilaku user)
3. Sosiologi
& antropologi (interaksi antara teknologi, work, dan organisasi)
4. Industri
aldesign (produkinteraktif)
5. Teknik
sipil (infrastruktur fisik)
6. Teknik
Mesin (robotika)
G. UI
VS IMK
·
User Interface
·
Bagian dari aplikasi yang
memungkinkan pengguna berinteraksi dengan komputer untuk menyelesaikan suatu pekerjaan
·
Human Computer Interface
·
Perancangan, implementasi,
dan evaluasi dari user interface
Komentar
Posting Komentar