Tugas 9 - Pertemuan 13

Mengenai Usability


A.    Pengertian Usability
·         Jacob Nielson, usability didefinisikan sebagai kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan 5 atribut penilaian, yaitu learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction.
·         Pressman, usability merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna.
·         Santoso, usability merupakan derajat kemampuan sebuah aplikasi untuk membantu pengguna menyelesaikan sebuah tugas.
·         ISO 9241-11 (Bevan, 1995), mendefinisikan usability merupakan sejauh mana suatu produk dapat digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai target yang ditetapkan dengan effectiveness, efficiency dan satisfaction.

B.     Kenapa Usability Itu Penting
·         Memudahkan pengguna
·         Aplikasi mudah dipelajari
·         Aplikasi harus berjalan sesuai fungsinya
·         Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
·         Menarik minat penggunanya

C.     Alat Uji Usability
·         SUS (System Usability Scale)
SUS merupakan kuesioner yang sederhana dan paling dapat diandalkan.
·         QUIS (Questionnaire for User Interface Satisfaction)
·         CSUQ (Computer System Usability Questionnaire)
·         Words (adapted from Microsoft’s Product Reaction Cards)
·         DLL

1.      SUS (System Usability Scale)
SUS dikembangkan oleh John Brooke, merupakan skala kegunaan yang handal, populer, efektif dan murah yang dapat digunakan untuk penilaian global terhadap kegunaan sistem. SUS sendiri memiliki 10 komponen pertanyaan dan 5 pilihan jawaban mulai dari sangat tidak setuju sampai sangat setuju serta memiliki skor minimal 0 dan maksimal 100. Versi Asli SUS menggunakan Bahasa Inggris. SUS ada versi Bahasa Indonesia
Z. Sharfina dan H. B. Santoso, “An Indonesian Adaptation of the
System Usability Scale (SUS),” 2016 International Conference on
Advanced Computer Science and Information Systems, ICACSIS
2016, 2016, hal. 145–148.

a.       Contoh Item SUS
·         Saya berpikir akan menggunakan sistem ini lagi.
·         Saya merasa sistem ini rumit untuk digunakan.
·         Saya merasa sistem ini mudah digunakan.
·         Saya membutuhkan bantuan dari orang lain atau teknisi dalam menggunakan sistem ini.
·         Saya merasa fitur-fitur sistem ini berjalan dengan semestinya.
·         DLL

b.      Skor Jawaban SUS
Jawaban
Skor
Sangat Setuju
5
Setuju
4
Ragu-ragu
3
Tidak Setuju
2
Sangat Tidak Setuju
1

c.       Aturan Perhitungan Skor SUS
1.      Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
2.      Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
3.      Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.

d.      Rumus SUS


  • Skor rata-rata
  • :Jumlah skor SUS
  • n    : Jumlah responden



e.       Penilaian SUS
Skor rata-rata SUS dari banyaknya penelitian adalah 68, maka jika nilai SUS di atas 68 akan dianggap di atas rata-rata dan nilai di bawah 68 di bawah rata-rata


f.        Tahapan Pengambilan Data SUS
1.      Prototype aplikasi harus selesai
2.      Cari pengguna (responden)
3.      Diberikan kuesioner (angket)
4.      Responden mengisi form data diri
5.      Responden mengerjakan tugas (task)
6.      Responden mengisi kuesioner SUS
7.      Wawancara (Opsi)

Komentar