Tugas 9 - Pertemuan 13

Pengguna dalam Interaksi Manusia dan Komputer


A.    Definisi Pengguna (user)
Pengguna (user) merupakan orang yang menggunakan komputer atau disebut juga Brainware pengguna (user)

B.     Macam-Macam Pengguna
·         Front End Developer
Pengguna pengembangan website yang dapat menghasilkan website dengan tampilan yang menarik.
·         Back End Developer
Pengguna yang dapat melakukan pemrograman “client-side”, dan mengetahui apa yang terjadi di browser. 
·         UI/UX Designer
UI Designer adalah Pengguna yang dapat membuat desain website/aplikasi menjadi lebih indah dan menarik. Sedangkan UX Designer dapat meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi dan kegunaan yang diberikan pengguna website dan aplikasi.
·         IT Support
Seorang pengguna yang juga seorang teknisi pada sebuah organisasi/perusahaan yang memiliki tanggung jawab untuk instalasi, evaluasi dan peningkatan terhadap tiga objek utama yaitu komputer, software, dan pengembangan sistem jaringan.
·         Blogger
Pengguna seperti saya:), yang mana seorang pengguna yang dapat mampu menulis suatu artikel di blog ia punya.
·         Animator
Seorang seniman yang menciptakan berbagai ragam gambar yang akan membentuk ilusi seolah-olah bergerak pada saat ditayangkan dengan cepat Operator
·         Programmer
Seorang pengguna yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman.
·         Sistem Analis
Seseorang yang bertanggung jawab atas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan merekomendasikan pemilihan perangkat lunak dan sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi bisnis atau perusahaan.
Pengguna Dalam IMK:
Perancangan, implementasi, dan evaluasi dari UI dilakukan semua oleh pengguna (user).

C.     Kategori Pengguna
·         Berdasarkan Usia
·         Berdasarkan Jenis kelamin
·         Berdasarkan Geografis
·         Berdasarkan Minat
·         Berdasarkan Teknologi
·         Berdasarkan Profesi

1.      Kategori Pengguna: Usia
-          Umur 5-9 tahun
-          Umur 10-14 tahun
-          Umur 15-18 tahun
-          Umur 18-24 tahun
-          Umur 25-34 tahun
-          Umur 35-44 tahun
-          Umur 45-54 tahun
-          Umur 55-64 tahun
-          Umur 65+ tahun
* Karakter berbeda-beda setiap rentang umur
2.      Kategori Pengguna: Jenis Kelamin
-          Laki-laki
-          Perempuan
* Karakter berbeda-beda setiap jenis kelamin
3.      Kategori Pengguna: Geografis
-          Bahasa
-          Lokasi
-          Kebiasaan
* Karakter berbeda-beda setiap geofrafis
4.      Kategori Pengguna: Minat
-          Food Enthusiasts
-          Book Lovers
-          TV Lovers
-          Movie Lovers
-          Music Lovers
-          Shoppers
-          DLL
* Karakter berbeda-beda setiap minat
5.      Kategori Pengguna: Teknologi
-          PC/Laptop/Smartphone
-          Windows 10/Linux/Mac OS
-          iOS/Android/Feature Phone
-          Web/Aplikasi
-          Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
-          2G/3.5G/4G/Wifi
-          DLL
* Karakter berbeda-beda setiap teknologi
6.      Kategori Pengguna: Profesi
-          Dokter
-          Guru
-          Programmer
-          Pilot
-          Supir
-          DLL
* Karakter berbeda-beda setiap profesi
D.    Membuat aplikasi perlu memperhatikan siapa target pengguna
-          Berdasarkan Usia
-          Berdasarkan Jenis kelamin
-          Berdasarkan Geografis
-          Berdasarkan Minat
-          Berdasarkan Teknologi
-          Berdasarkan Profesi
Jika aplikasi untuk semua kategori pengguna, buat aplikasi atau UI yang mudah dipahami semua kategori pengguna.


Komentar