- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
A. Pengertian
User Experience (UX)
User
experience (UX) sesuai artinya dalam bahasa indonesia merupakan “pengalaman
pengguna” yang berarti adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi
kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan. Kalau
dulu aplikasi mempunyai usability yang bagus saja cukup. Sekarang sebuah
aplikasi juga harus memiliki UX yang bagus.
B. Kenapa
UX Itu Penting
·
Memudahkan pengguna
Pengembangan
UX dapat membuat para pengguna nyaman dalam menggunakan website, aplikasi dan software.
·
Menarik Minat Pengguna
Dengan
pengembangan UX yang menarik, maka akan dapat membuat pengguna mau memakai
aplikasi atau website tersebut.
·
Menghasilkan UI Yang Bagus
·
Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
Kenyamanan
dalam aplikasi atau website, maka akan membuat tujuan pembuatan produk itu tersampaikan
kepada penggunanya.
·
Untuk Memenangkan Persaingan
·
Meminimalisir waktu dalam pembuatan produk
·
Dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh
pengguna
·
Menciptakan produk yang berkesan bagi
penggunanya
Hal
ini akan menjadi nilai tambah produk kita di mata pengguna, karna dapat membedakan
produk kita dengan yang lain.
C. UEQ
(User Experience Questionnaire)
Pengujian
UX dapat menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ merupakan
alat atau kuesioner yang mudah dan efisien untuk mengukur UX. UEQ sendiri
memiliki 26 komponen pertanyaan dan tujuh pilihan jawaban. Versi Asli UEQ
menggunakan Bahasa Inggris.
UEQ
ada versi Bahasa Indonesia
H.
B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, Y. Utomo, dan B. Priyogi, “Measuring User Experience of the
Student-Centered e- Learning Environment,” J. Educ. Online-JEO, Vol. 13, No. 1,
hal. 142–166, 2016.
a. 6
Skala UEQ
·
Daya Tarik: Apakah pengguna menyukai atau
tidak menyukai produk?
·
Kejelasan: Apakah mudah untuk mengenal
produk? Apakah mudah untuk belajar bagaimana gunakan produknya?
·
Efisiensi: Bisakah pengguna menyelesaikan
tugas mereka tanpa usaha yang sederhana?
·
Ketepatan: Apakah pengguna merasa
terkendali terhadap interaksi?
·
Stimulasi: Apakah menarik dan memotivasi
untuk menggunakan produk?
·
Kebaruan: Apakah produk itu inovatif dan
kreatif? Apakah produk menangkap minat pengguna?
b. Tahapan
Pengambilan Data UEQ
·
Prototype aplikasi harus selesai
·
Cari pengguna (responden)
·
Diberikan kuesioner (angket)
·
Responden mengisi form data diri
·
Responden mengerjakan tugas (task)
·
Responden mengisi kuesioner UEQ
·
Wawancara (Opsi)
c. Aturan
Menghitung UEQ
UEQ sendiri dihitung
dengan Data Analysis Tools. Kita hanya perlu mengumpulkan data dari pengguna
kemudian masukkan ke Data Analysis Tools yang sudah disiapkan. Untuk Data
Analysis Tools sendiri, kita bisa dapatkannya di web resmi UEQ.
Web Resmi UEQ: https://www.ueq-online.org
D. Bidang
pekerjaan yang berhubungan dengan pengembangan UX
·
Project Management
·
User Research
·
Usability Evaluation
·
Information Architecture
·
User Interface Design
·
Interaction Designer atau UX Designer
·
Visual Design
·
Content Strategy
·
Web Analytics
·
UX copywriter
·
UX Engineer
Komentar
Posting Komentar