Tugas 9 - Pertemuan 13

yang perlu kamu ketahui tentang UX


A.    Pengertian User Experience (UX)
User experience (UX) sesuai artinya dalam bahasa indonesia merupakan “pengalaman pengguna” yang berarti adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan. Kalau dulu aplikasi mempunyai usability yang bagus saja cukup. Sekarang sebuah aplikasi juga harus memiliki UX yang bagus.

B.     Kenapa UX Itu Penting
·         Memudahkan pengguna
Pengembangan UX dapat membuat para pengguna nyaman dalam menggunakan website, aplikasi dan software.
·         Menarik Minat Pengguna
Dengan pengembangan UX yang menarik, maka akan dapat membuat pengguna mau memakai aplikasi atau website tersebut.
·         Menghasilkan UI Yang Bagus
·         Berdampak Pada Faktor Kesuksesan
Kenyamanan dalam aplikasi atau website, maka akan membuat tujuan pembuatan produk itu tersampaikan kepada penggunanya.
·         Untuk Memenangkan Persaingan
·         Meminimalisir waktu dalam pembuatan produk
·         Dapat mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengguna
·         Menciptakan produk yang berkesan bagi penggunanya
Hal ini akan menjadi nilai tambah produk kita di mata pengguna, karna dapat membedakan produk kita dengan yang lain.


C.     UEQ (User Experience Questionnaire)
Pengujian UX dapat menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire (UEQ). UEQ merupakan alat atau kuesioner yang mudah dan efisien untuk mengukur UX. UEQ sendiri memiliki 26 komponen pertanyaan dan tujuh pilihan jawaban. Versi Asli UEQ menggunakan Bahasa Inggris.
UEQ ada versi Bahasa Indonesia
H. B. Santoso, M. Schrepp, R. Yugo Kartono Isal, Y. Utomo, dan B. Priyogi, “Measuring User Experience of the Student-Centered e- Learning Environment,” J. Educ. Online-JEO, Vol. 13, No. 1, hal. 142–166, 2016.

a.       6 Skala UEQ
·         Daya Tarik: Apakah pengguna menyukai atau tidak menyukai produk?
·         Kejelasan: Apakah mudah untuk mengenal produk? Apakah mudah untuk belajar bagaimana gunakan produknya?
·         Efisiensi: Bisakah pengguna menyelesaikan tugas mereka tanpa usaha yang sederhana?
·         Ketepatan: Apakah pengguna merasa terkendali terhadap interaksi?
·         Stimulasi: Apakah menarik dan memotivasi untuk menggunakan produk?
·         Kebaruan: Apakah produk itu inovatif dan kreatif? Apakah produk menangkap minat pengguna?

b.      Tahapan Pengambilan Data UEQ
·         Prototype aplikasi harus selesai
·         Cari pengguna (responden)
·         Diberikan kuesioner (angket)
·         Responden mengisi form data diri
·         Responden mengerjakan tugas (task)
·         Responden mengisi kuesioner UEQ
·         Wawancara (Opsi)

c.       Aturan Menghitung UEQ
UEQ sendiri dihitung dengan Data Analysis Tools. Kita hanya perlu mengumpulkan data dari pengguna kemudian masukkan ke Data Analysis Tools yang sudah disiapkan. Untuk Data Analysis Tools sendiri, kita bisa dapatkannya di web resmi UEQ.

D.    Bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pengembangan UX
·         Project Management
·         User Research
·         Usability Evaluation
·         Information Architecture
·         User Interface Design
·         Interaction Designer atau UX Designer
·         Visual Design
·         Content Strategy
·         Web Analytics
·         UX copywriter
·         UX Engineer


Komentar