Tugas 9 - Pertemuan 13

Aplikasi untuk membuat prototype



Berikut beberapa aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat prototype:
1.      Sketch App & Craft Plugin
Sketch adalah aplikasi untuk membuat desain UI dan mudah digunakan. Sketsa memiliki banyak template yang dapat digunakan untuk proyek dan konsisten untuk panduan iOS dan Android. Plugin kerajinan membantu aplikasi Sketsa untuk membuat desain kita menjadi prototipe.
2.      Adobe XD
Adobe XD adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat prototype, kelebihan dari adobe XD adalah dari segi prototyping tools, disini kita dapat membuat alur kerja yang lebih baik dan terperinci sekaligus teratur sehingga ketika ada proyek desain lainnya, tidak akan saling mengganggu dan tetap pada jalurnya sendiri. Kemudian dari segi focused design tools. Dengan tools ini, maka para desainer aplikasi mobile membuat membuat kerangka kerja, mockup hingga screen layouts and production untuk desain yang lainnya.
Kekurangan dari adobe XD adalah dari segi difficult animating UI, di Adobe XD, tidak ada memiliki tools animasi yang support dengan Adobe XD sehingga bisa menyulitkan. Kemudian, dari segi mengeksport, adobe xd belum ada fitur CSS export yang mampu membuat pekerjaan kita lebih cepat selesai.
3.      Mockplus
Aplikasi ini dapat bekerja untuk windows dan mac user. Di aplikasi ini, kitaa dapat merancang UI dan membuatnya hidup dengan menggunakan fitur prototipe (built-in) tanpa memerlukan plugin apa pun. Kita akan mendapatkan template dan komponen untuk iOS dan Android.
4.      Balsamiq Mockup
Aplikasi ini sangat bagus untuk perancang UX, terutama jika kita bekerja untuk sprint desain dan Kita hanya punya beberapa menit untuk membuat prototipe, dengan mendapatkan komponen dari aplikasi ini dan cukup drag and drop ke perangkat kita.
5.      Flinto
Aplikasi flinto ini sangat cocok digunakan untuk perancangan interaksi UI dan dapat pula untuk penyuka animasi di UI design. Aplikasi ini mudah digunakan, ada transisi dasar untuk animasi untuk desain UI, atau Kita dapat membuatnya (transisi kustom) dengan menggunakan kreativitas Kita.
6.      Framer JS
Di aplikasi ini, kita dapat membuat prototype dengan menggunakan Bahasa pemograman, yaitu Bahasa pemograman javascript. Disini kita dapat menggunakan JavaScript untuk membuat custom animation berdasarkan kebutuhan kita.
7.      Origami Studio
Betapa indahnya aplikasi yang dibuat oleh Tim Desain Facebook. Kita dapat membuat prototipe dan animasi di sini dengan mudah, cukup impor file aplikasi Sketch Kita ke dalam aplikasi ini dan jalankan. Kita akan tahu bagaimana interaksi Facebook bekerja di aplikasi ini.
8.      . Axure RP
Banyak dari pengguna Windows yang menggunakan aplikasi ini. Axure dengan fitur lengkapnya dapat membawa kita ke dunia UI yang memanjakan mata, dengan komponen yang lengkap dan easy-to-use yang dimana kamu hanya drag and drop saja dan langsung jadi. Saya pribadi juga memakai aplikasi ini hehe:)

Komentar