Tugas 9 - Pertemuan 13

Editing Video


A.    Editing Video
Video editing merupakan proses mengedit klip-klip video, dimana pada proses ini seorang editor memilih atau menyunting gambar dalam bentuk video tersebut.
B.     Tujuan Mengedit Video
1.      Memindahkan klip video yang tak dikehendaki
2.      Memilih gambar dan klip yang terbaik
3.      Menciptakan arus
4.      Menambahkan efek, grafik, musik dll
5.      Mengubah gaya dan suasana hati dan langkah dari gambar
6.      Memberikan sudut yang menarik bagi hasil rekaman

C.     Aplikasi Editing Video
1.      Adobe Premiere Pro
Pengguna: Windows, Mac, Linux
Kelebihan:
·         Paling diunggulkan yaitu mempunyai timeline yang bisa memasukan video dan audio hingga 99 kolom yang dapat membuat video leluasa serta menambahkan audio mulai dari background music, Sound FX, dan audio lainnya.
·         Pengguna dapat mengcapture video dari camcorder yang terhubung ke komputer atau laptop yang dapat disimpan kedalam berbagai format file.
Kekurangan:
·         Paling pertama kekurangna dari adobe premiere pro cc ini yaitu mempunyai file yang cukup besar sehingga dapat lebih boros terhadap space hardisk.
·         Membutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk bisa di oprasikan dengan komputer atau laptop mempunyai spek medium-high-end. Hal ini sangat wajar karena mengingat fitur kelengkapan yang dimiliki Adobe Premiere tersebut.

2.      Windows Movie Maker
Pengguna: Windows
Kelebihan:
·         Animasi yang di sediakan cukup variatif
·         Tidak membutuhkan spesifikasi & HDD terlalu besar
Kekurangan:
·         Kurang memiliki fitur effect untuk memperindah video
·         Saat video telah terpotong kadang video terlalu cepat
3.      Sony Vegas Pro 13
Pengguna: Windows
Kelebihan:
·         Memiliki banyak jenis render template
Sony vegas juga memiliki banyak pilihan render template seperti internet 480p, internet 720p dll, sehingga video yang dihasilkan dapat disesuaikan menurut kebutuhan. ohya render itu adalah mengekspor video hasil editan dari vegas pro menjadi video biasa dengan format yang disesuaikan(diinginkan).
·         Memiliki fitur drag n drop
Fitur drag n drop sendiri dapat mempercepat proses kenerja kita dalam mengedit video, maksud dari fitur ini adalah kita dapat mngambil(drag) video/foto/music dari explorer windows lalu membawanya ke aplikasi sony vegas(drop)
Kekurangan:
·         Tampilan review video kecil
Tampilan layar untuk mereview video yang sedang kita edit bisa dibilang cukup kecil atau pas-pasan, jadi video agak sedikit susah untuk diedit.
·         Memerlukan aplikasi Apple Quick time 7
Aplikasi Apple Quick time ini berfungsi agar dapat memasukkan video dengan format tertentu ke vegas pro untuk diedit. Jadi, misalnya anda mendapatkan error seperti tidak dapat memasukkan video ke vegas pro, itu berarti di pc anda belum terinstal Apple Quick time 7.

4.      Corel Video Studio X2
Pengguna: Windows, Mac
Kelebihan :
·         Corel Video Studio X2 memiliki feature dan plugin yang lebih lengkap dibandingkan dengan Video Edit Magic 3.3, Tampilan/workspace/layout yang lebih user friendly sehingga memudahkan editor mengedit video., Mendukung hampir semua source (input) /format video serta output format video, Salah satunya juga mendukung teknologi editing audio berserta pluging untuk editing audio, yang bisa dikatakan sudah cukup pada saat proses editing terjadi.
Kekurangan:
·         Spesifikasi hardware minimal yang dibutuhkan untuk menginstalasi software Corel X2 sangat tinggi sehingga apabila tetap dipaksakan diinstal pada computer yang spesifikasi hardwarenya dibawah itu sangat berpengaruh, Membutuhkan system operating minimal Microsoft Windows XP SP2 sehingga apabila system operating dibawah itu maka system aplikasi corel video studio x2 tidak berjalan dengan normal, karena Corel Video studio x2 membutuhkan Microsoft Direct 9.0c.

5.      Final Cut Pro 7
Pengguna: Mac
Kelebihan :
·         Mendukung pengeditan non-linear dan non-destruktif dari berbagai format,dapat dengan mudah dapat mencampur file video format dan resolusi yang berbeda tanpa harus menghabiskan waktu perekaman file ini, memiliki alat yang luas untuk koreksi warna dan penyaringan.
Kekurangan :
·         Hanya dapat berjalan di OS Mac dan pada versi 10.5.6/sesudahnya
·         Tidak mendukung file inputan FLV
·         Tidak ada trial

Komentar