- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
A.
User Experience Questionnaire
Evaluasi User Experience adalah kegiatan
yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai suatu aplikasi.
UEQ adalah sebuah kuesioner yang bertujuan
untuk mengukur user eUser Experience Questionnaire (UEQ) adalah sebuah
kuesioner yang bertujuan untuk mengukur user experience dengan cepat.
Terdapat 6 skala pengukuran yang terbagi
menjadi 26 pertanyaan di dalam UEQ, yaitu .
UEQ + adalah ekstensi modular dari
Kuesioner Pengalaman Pengguna. Ini berisi daftar skala UX yang lebih besar yang
dapat dikombinasikan oleh peneliti UX untuk membangun kuesioner UX konkret yang
disesuaikan dengan pertanyaan penelitian konkret. Dalam hal ini UEQ + bukan
kuesioner UX, ini adalah alat untuk membangun kuesioner konkret yang
dioptimalkan untuk skenario evaluasi khusus.
a. Attractive (Daya Tarik)
Seberapa besar daya tarik dari sebuah
produk. Misal: bagus atau jelek, atraktif
atau tidak atraktif.
b. Perpicuity (Kejelasan)
Seberapa besar kejelasan dari sebuah
produk. Misal: mudah dipahami atau sulit
dipahami.
c. Efficiency (Efisiensi)
Seberapa besar pengguna dapat menyelesaikan
tugasnya tanpa usaha yang
besar atau efisien. Misal: cepat atau
lambat, praktis atau tidak praktis.
d. Dependability (Ketepatan)
Seberapa besar ketepatan yang dirasakan
oleh pengguna melalui kontrol yang
ia miliki. Misal: dapat diprediksi atau
tidak dapat diprediksi, mendukung atau
menghalangi.
xperience dengan cepat
e. Stimulation (Stimulasi)
Seberapa besar motivasi untuk menggunakan
produk. Misal: bermanfaat atau
kurang bermanfaat, menarik atau tidak
menarik.
f. Novelty (Kebaruan)
Seberapa besar kebaruan dari produk. Misal:
kreatif atau tidak kreatif,
konservatif atau inovatif.
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dinilai
pada skala Likert 7 poin dengan titik akhir Tidak penting sama sekali semua (1)
dan Sangat penting (7). Pertanyaan tambahan harus ditempatkan di belakang 26
UEQ barang. Dengan mengulangi istilah positif yang paling penting, koneksi
antara tambahan pertanyaan dan skala UEQ yang sesuai dibuat.
Daya tarik adalah dimensi valensi murni.
Perspicuity, Efisiensi dan Dependability aspek kualitas pragmatis (diarahkan
pada tujuan), sedangkan Stimulasi dan Kebaruan adalah kualitas hedonis aspek
(tidak diarahkan pada sasaran).
UEQ menggunakan skala pengukuran semantic
differential yang hampir
mirip dengan skala Likert yang digunakan
untuk mengukur sikap, pendapat, dan
persepsi seseorang atau sekelompok orang
tentang fenomena sosia
Cara menghitung menggunakan UEQ
Berbeda dengan SUS, UEQ sudah memili Data
Analysis Tools. Kita hanya perlu mengumpulkan datanya dari pengguna lalu
memasukkan ke Data Analysis Tools yang sudah dipersiapkan. Kamu bisa dapatkan
Data Analysis Tools di web resmi UEQ.
Berikut hasil perhitungan menggunakan UEQ
Kuesioner versi Bahasa Indonesia
Pengukuran UX
menggunakan UEQ ini pernah digunakan untuk mengukur UX penggunaan beberapa merk
terbaru touch mouse, pengukuran ini dilakukan dengan melihat bagaimana
pengalaman user menggunakan berbagai merk baru touch mouse pada windows 8.
Komentar
Posting Komentar