Tugas 9 - Pertemuan 13

Evaluasi User Experience


A.      User Experience Questionnaire
Evaluasi User Experience adalah kegiatan yang dilakukan berkenaan dengan proses untuk menentukan nilai suatu aplikasi.
UEQ adalah sebuah kuesioner yang bertujuan untuk mengukur user eUser Experience Questionnaire (UEQ) adalah sebuah kuesioner yang bertujuan untuk mengukur user experience dengan cepat.
Terdapat 6 skala pengukuran yang terbagi menjadi 26 pertanyaan di dalam UEQ, yaitu .
UEQ + adalah ekstensi modular dari Kuesioner Pengalaman Pengguna. Ini berisi daftar skala UX yang lebih besar yang dapat dikombinasikan oleh peneliti UX untuk membangun kuesioner UX konkret yang disesuaikan dengan pertanyaan penelitian konkret. Dalam hal ini UEQ + bukan kuesioner UX, ini adalah alat untuk membangun kuesioner konkret yang dioptimalkan untuk skenario evaluasi khusus.
a. Attractive (Daya Tarik)
Seberapa besar daya tarik dari sebuah produk. Misal: bagus atau jelek, atraktif
atau tidak atraktif.
b. Perpicuity (Kejelasan)
Seberapa besar kejelasan dari sebuah produk. Misal: mudah dipahami atau sulit
dipahami.
c. Efficiency (Efisiensi)
Seberapa besar pengguna dapat menyelesaikan tugasnya tanpa usaha yang
besar atau efisien. Misal: cepat atau lambat, praktis atau tidak praktis.
d. Dependability (Ketepatan)
Seberapa besar ketepatan yang dirasakan oleh pengguna melalui kontrol yang
ia miliki. Misal: dapat diprediksi atau tidak dapat diprediksi, mendukung atau
menghalangi.
xperience dengan cepat
e. Stimulation (Stimulasi)
Seberapa besar motivasi untuk menggunakan produk. Misal: bermanfaat atau
kurang bermanfaat, menarik atau tidak menarik.
f. Novelty (Kebaruan)
Seberapa besar kebaruan dari produk. Misal: kreatif atau tidak kreatif,
konservatif atau inovatif.
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat dinilai pada skala Likert 7 poin dengan titik akhir Tidak penting sama sekali semua (1) dan Sangat penting (7). Pertanyaan tambahan harus ditempatkan di belakang 26 UEQ barang. Dengan mengulangi istilah positif yang paling penting, koneksi antara tambahan pertanyaan dan skala UEQ yang sesuai dibuat.
Daya tarik adalah dimensi valensi murni. Perspicuity, Efisiensi dan Dependability aspek kualitas pragmatis (diarahkan pada tujuan), sedangkan Stimulasi dan Kebaruan adalah kualitas hedonis aspek (tidak diarahkan pada sasaran).
UEQ menggunakan skala pengukuran semantic differential yang hampir
mirip dengan skala Likert yang digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan
persepsi seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosia
Cara menghitung menggunakan UEQ
Berbeda dengan SUS, UEQ sudah memili Data Analysis Tools. Kita hanya perlu mengumpulkan datanya dari pengguna lalu memasukkan ke Data Analysis Tools yang sudah dipersiapkan. Kamu bisa dapatkan Data Analysis Tools di web resmi UEQ.
Berikut hasil perhitungan menggunakan UEQ


Kuesioner versi Bahasa Indonesia
Pengukuran UX menggunakan UEQ ini pernah digunakan untuk mengukur UX penggunaan beberapa merk terbaru touch mouse, pengukuran ini dilakukan dengan melihat bagaimana pengalaman user menggunakan berbagai merk baru touch mouse pada windows 8.

Komentar